Pengalaman Menggunakan Oli Sesat ( Oli + Migor ) di Honda Supra X

Sobat awansan, beberapa tahun belakangan ini jagat otomotif cukup ramai dengan perdebatan mengenai Oli Sesat untuk sepeda motor, awalnya sih oli yang jamak digunakan oleh pengguna oli sesat adalah oli untuk mobil diesel, namun belakangan ini bertambah lagi aliran oli sesat dengan metode mencampur minyak goreng ke oli motor.

Nah dasar penasaran, awansan tersihir juga ikut aliran sesat, ketika touring ke Klampok Banjarnegara kemarin, iseng – iseng awansan masukkan tuh sekitar 100 ml minyak goreng ke mesin si supra yang olinya memang sudah berkurang lumayan banyak.

Impresi awal sih baik baik saja, cuman mesin kerasa sedikit lebih enteng, tapi baru 30 km jalan tiba tiba olinya moncrot moncrot mas brooo, oli netes terus dari blok kopling dengan derasnya, kemungkinan oli motor jadi tambah encer ketika bercampur dengan migor, jadi paking kopling tidak kuat nahan tekanan oli, well meskipun oli moncrot moncrot namun motor berhasil jalan 68 km sampai di rumah Temanggung dalam kondisi baik baik saja, padahal kita berboncengan lho dengan medan jalan full tanjakan.

Esok harinya awansan cek kembali, oli masih terus menetes dari blok kopling, agar mesin tidak kehabisan oli awansan tambah lagi oli sekitar 150 ml, motor kemudian awansan bawa ke Semarang via Sumowono yang penuh tanjakan panjang dan curam, dan disinilah malapetaka bermula, karena tepat di tengah tengah tanjakan daerah Kemitir Sumowono tiba tiba pistonnya ngejim, otomatis mesin dan ban pun jadi ikut ngunci.

awansan segera netralkan persnelling kemudian pinggirkan motor, buka tutup oli terlihat asap putih dari dalam mesin, curiga nih motor kehabisan oli, awansan masukkan lagi oli cadangan sekitar 500 ml, diamkan sebentar kemudian awansan coba nyalakan, alhamdulillah motor mau nyala kembali, mengingat hari sudah sore sampai di Sumowono langsung ganti oli saja sebagai langkah darurat, kemudian lanjut lagi jalan ke Semarang dengan kondisi oli moncrot.

Ganti Paking Blok Kopling

Dua hari kemudian awansan baru sempat ganti paking blok kopling si supra , dan setelah diganti paking koplingnya, Alhamdulillah penyakit oli moncrot si supra akhirnya sembuh juga

So kesimpulannya gimana ? nampaknya awansan kapok nyampur migor ke oli mesin , ora maning maning lah

5 comments

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.