Sejarah Isle Of Man T T ( tourist trophy)

Isle Of Man T T Jaman Jadul

Assalaamualaikum , dear pembaca semua The Isle of Man Tourist Trophy adalah salah satu  balap motor tahunan yang  paling gila dan legendaris di dunia , balap motor ini diadakan di sebuah pulau kecil- Isle of Man yang tertelak di  perairan Kerajaan Inggris.

Sejarah Bermula ketika ada inggris mengeluarkan peraturan speed limit 20 mph di jalanan, sehingga para penggiat otomotif inggrispun harus mencari cara untuk tetap bisa balapan, setelah sekin lama akhirnya diputuskan menggunakan isle of man Pada 28 Mei 1907,  balapan ini bernama International Auto-Siklus Trophy Tourist.

Isle of Man TT pertama digelar tahun 1911 bertempat di “Snaefell Mountain Course” . Acara ini merupakan bagian dari FIM Motorcycle Grand Prix World ,Championship selama periode 1949-1976 sebelum dipindahkan ke Inggris setelah masalah keamanan dan dijalankan oleh FIM sebagai British Grand Prix untuk 1977 musim. The Isle of Man TT Races menjadi bagian dari TT Formula 1 Championship 1977-1990 untuk mempertahankan status balap acara. Dari tahun 1989 balap telah dikembangkan oleh Isle of Man Dinas Pariwisata sebagai Isle of Man TT Festival.

Sirkuit Isle Of Man sendiri  mempunyai panjang lintasan hingga 60.72km,  Jauh lebih panjang dari sirkuit moto gp yang berkisar hanya sekitar 5km saja.. lalu apa yang membuat balapan ini terlihat gila ???..  hmm perlu diketahui bahwasannya balapan menggunakan motor superbike berkecepatan rata-rata 170km/jam bahkan bisa sampai 300km/jam di jalanan umum!! bukan sirkuit khusus, disekeliling anda adalah tembok, batu, got, jurang, penonton, rumah dll, ngeri brooo senggol titik tibo, 227 rider sudah kehilangan nyawa sejak tahun 1907.

Peta Sirkuit

9 thoughts on “Sejarah Isle Of Man T T ( tourist trophy)

Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.