Bore Up Honda Supra X 100

Meskipun tampangnya tidak karuan , tapi sebetulnya Honda Supra hibahan dari bude ini mempunyai potensi jadi motor kencang, mengingat dulu pernah di bore up oleh sepupu awansan, namun karena pas pemasangan tidak ada kamera , hasil bore up baru bisa awansan dokumentasikan kemarin ketika bersihkan silinder si supra.

Untuk bore upnya sendiri menggunakan piston Kawasaki Kaze Oversize 150 (diameter piston 54,5 mm), selisih lumayan dengan piston original supra yang hanya berdiameter 50 mm. Dengan diameter piston yang lebih besar, otomatis kapasitas mesin ikut terdongkrak naik menjadi 115 CC , untuk hitungannya bisa kita cermati di bawah ini :

Rumus Hitung Silinder
0,785 X (D X D) X L
Keterangan:
D = Diameter piston
L = Panjang langkah/stroke

0,785 x (50×50) x 49,5 = 97 cc (Supra Standar)
0,785 x (54,5×54,5) x 49,5 = 115 cc (Hasil Bore Up)

Selain kapasitas mesin meningkat, rasio kompresi juga meningkat drastis karena Piston Kaze jenong di bagian atasnya, untuk yang satu ini awansan belum sempat menghitung tapi perkiraan kompresi ada di sekitar 1 :10 – 1:11 .. jauh meningkat dari kompresi supra standar yang hanya 1:9 .

Liner diganti milik kaze, masih cukup tebal padahal sudah oversize 150

Perlu diketahui proses bore up ini tidaklah PNP ( plug and play), karena ada beberapa bagian yang di rubah, pertama adalah piston kaze harus dicoak bagian atasnya, agar tidak bertabrakan dengan klep, kedua liner harus diganti juga dengan milik kaze, karena kalu pakai liner ori terlalu tipis dindingnya.ketiga adalah lobang cranckcase mesin harus dibesarkan agar liner kaze bisa masuk mesin, mau tak mau mesin harus dibelah dulu kemudian dilebarkan.

Lubang crankcase yang harus dibesarkan

Untuk ketiga hal tersebut, serahkan saja urusannya ke tukang kolter/bubut biasanya sudah pada paham kok hehehe, cara ini berlaku tidak hanya bagi supra saja, tapi juga untuk semua tipe motor yang menggunakan mesin tipe c100 (Astrea Prima, Astrea Grand, Legenda, Impressa, Supra, Supra Fit)

Nah bagaimana teman teman, masih tetep pengen bore up supra ? , namanya modifikasi pasti bawa resiko so Do It With Your Own Risk, untuk review bore upnya kan awansan ulas di artikel terpisah ya, so stay tune in my blog 😀 .

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.