
Bus leyland Titan di Pool PPD
awansan.com – Dear pembaca semua , menarik memang membahas tentang sejarah bis yang satu ini, karena bis ini bisa dibilang hampir terlupakan keberadaanya, bus dibuat oleh Leyland yang notabene merupakan pabrikan bus dan truck dari Inggris, hanya saja sedikit sekali literatur mengenai bis ini yang membuat awb kesulitan mencari data, terutama data jumlah.
Well Well mari kita mulai pembahasan kali ini, keberadaan bus Leyland pertama di Indonesia tidak lepas dari campur tangan pemerintah Australia, yang saat itu memberi bantuan 250 bus Leyland Comet single decker (colombo plan), bus bantuan ini digunakan untuk menunjang sistem transportasi Kota Jakarta dan dioperasikan oleh PPD.

Lelyland Titan Melintas di Semanggi tahun 1971
Pada tahun 1968, masuklah bis tingkat pertama di Indonesia yaitu 2 unit Leyland Titan, Dilansir dari Harian Kompas,17 Juli 1968, bus Leyland saat itu diberli dengan harga 18.510 dolas AS. Setelah beroperasi selama 17 bulan, pada Februari 1970, cicilan bus-bus ini disebutkan telah lunas.
Leyland Titan merupakan seri bis tingkat dengan mesin depan, type yang masuk Indonesia adalah leyland Titan generasi ke tiga dengan kode PD3-11.
Bus ini mempunyai berat 14 ton, Panjang sekitar 9 meter, lebar 2,5 meter. Berat yang ringan karena bis ini menggunakan bahan fiberglass bukan besi, salah satu inovasi dari leyland adalah penggunaan kaca lengkung, sehingga memperluas pandangan pengemudi.
Leyland Titan ditenagai mesin diesel direct injection 6 silinder Leyland seri 0 600, berkapasitas 9784 cc yang bisa menghasilkan tenagamaksimal 125 hp, gearbox yang digunakan masih manual tapi sudah dilengkapi gigi syncromesh.
Bus ini kemudian beroperasi melayani trayek Blok M-Salemba – Pasar Senen tahun 1968 sampai 1982. bus ini baru berhenti beroperasi setelah muncul adiknya yaitu Leyland Atlantean, oh ya adiknya bakal awb ulas tersendiri di artikel Lain. Saat ini Leyland Titan yang tersisa hanya ada di museum transportasi TMII.
Iya,dulu saat beroperasi sering kebakaran,katanya sih kelebihan muatan .
https://bmspeed7.wordpress.com/2016/02/29/lagipolisi-bakal-adakan-operasi-simpatik-serentak-di-seluruh-indonesia-pada-tanggal-1-21-maret-2016motor-modifikasi-dan-kelengkapan-surat-jadi-incaran/
LikeLike
Yang kebakaran bukan sek titan ini mas, tapi yang adiknya seri atlantean
LikeLike
Ouh gitu ya..pokoknya setau saya bis tingkat kek gitu sering kebakaran mas..eh beda seri ya mas.
https://bmspeed7.wordpress.com/2016/02/28/demi-keselamatan-konsumenkawasaki-recall-zx-10r-karena-masalah-steering-damper/
LikeLike
Iya yg leyland emg bbrp ada yg kebakar, dan kalo kebakar sampe habis, karena body dari fiberglass
LikeLike
alhamdulillah wis tau ngrasakno bis tingkat jadul. ga ngerti titan apa adeknya. pas numpak tesih balita je
LikeLike
Beruntung sampeyan mas, Jaman kecil dulu aku sering lihat yg volvo di solo, tapi sampai sekarang belum keturutan naik, udah pensiun bis nya.
LikeLike
Ane pernah naik yg volvo & leyland tp ga tau generasi berapa, warnanya udah biru. Dari blok m ga tau kemana yg penting turunnya di blokm lagi. 🙂
Posisi favorit di atas paling depan, heboh kl kena dahan/ranting pohon.
Tolong dilanjut. Trims.
LikeLike
Wah berarti itu yg generasi dua mas, leyland yang masuknya bareng dengan volvo b55 😀, warnanya biru karena dioperasikan ppd
LikeLike
Terus sekarang pada dimana ya?
Kasih tau dong kalo ada yg nemu bangke nya leyland double decker…kenangan saat smp… blok m keliling kota…
LikeLike
Leyland titan sekarang ada di museum transport tmii mas
LikeLike