jump to navigation

Cara Melapisi Tangki dengan Fiber (menambal/mencegah tangki bocor) 18 September 2013

Posted by awansanblog in Tips dan Trik.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

Sesuai janji saya buat om Smartfaiz, mau buatin artikel tutorial tentang melapis tangki dengan fiber :D. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih ke pada om Sigit Yuliardi ( id Gajah Gendut ) yang telah menyusun tutorial ini, ane hanya menyebarkan saja, tutorial ini saya ambil dari toturial yang beliau share thread forum KAGOL ( Kaskus GL Owner Lounge) di kaskus :D

Sebelum ditambal apa yang harus kita lakukan pada tangki ??

1. Copot tangki, copot pelampung BBM, copot filter BBM

2.Kuras terlebih dahulu tangki kemudian cuci dengan rinso sampai bersih agar hilang bau BBM.

3.  Jemur di terik matahari sampai daleman tangki benar2 kering.

4.  Kalo sudah benar kering taruh tangki ditempat yg sejuk biar adem.\

5.  Tutup lubang pelampung dan filter BBM dengan Isolasi Ban, pastikan jgn ada celah.

6. Tangki siap untuk di isi Fiberglass

ALAT DAN BAHAN :

  • Resin, hardener/katalis dan MMA. MMA dipakai buat ngencerin resin biar gak terlalu kental. Pemakaian MMA umumnya tidak urgent. Bisa diabaikan. Harga resin sekilo 35-45rb (umum). Harga katalis/hardener 5rb sebotol kecil. Harga MMA per 100ml lupa. Gak pake MMA juga ga masalah
  • Resin, Hardener/Katalis (botol kecil2), dan MMA (ada tulisan MMA)
  • Woven roving atau matras. Kalo ane kemaren make barang bekas. Jadi tisu basah bekas gajah kecil ane cuci, keringkan, lalu ane pakai nembel tangkinya  : Kalau mau beli matras/woven roving biasanya di toko kimia yg jualan resin menyediakan. Harga 2rb-100rb. Tergantung tingkat kerapatan, ketebalan dan kekuatannya. Semakin rapat semakin mahal. Semakin tipis,lentur juga semakin mahal. Makanya ane make barang bekas aja   

Matras

  • Kuas. Buat ngeratain resin ke tangki.

Kuas

  • Thinner A. Buat ngebersihin kuas ketika kuas gak sedang dipakai ngeratain resin. Soalnya klo resin udah kadung mengeras di kuas, kuasnya akan terbuang sia2. Susah banget ilangnya (kecuali ente rendam pake aceton)

Thinner

MELAPISI BAGIAN LUAR TANGKI

1. Racik resin+katalis dengan perbandingan umum 100:2. Kalau mau cepet kering katalis bisa diperbanyak, tapi resin bakal mudah pecah/retak. Mending slow cure (pengeringan lambat), keringnya lama 1-2 hari, tapi resin bener2 kuat ga mudah pecah. Jumlah katalis juga tergantung cuaca/suhu. Kalo dingin, katalis bisa diperbanyak. Kalo sing bolong yg terik, katalis bisa dikurangi. Ane ngerjain siang hari yg panas, ane pakai perbandingan 100:1

2. Kalo udah, aduk sampai rata. Oleskan resin ke bagian luar tangki yg akan ditambal. tipis2 aja. Tempelkan matras ke bagian yg bolong. Usahakan matras dipotong kecil2 aja, disusun saling menumpuk lebih bagus (overlap), daripada lebar dan panjang. Hasilnya akan lebih kuat lapisan yg overlap

Nyampur resinnya dikit2 aja, misal tiap 4 sendok resin dengan setetes katalis. Daripada langsung banyak, ntar proses ente ngelapis belum selesai, resin keburu mengeras. Bakal sia2 ngebuang resin.

Olesi lagi sampai matrasnya bener2 basah kena resin. tekan2 matras yg basah tsb spy gelembung udara ilang dan bener2 nempel ke tangki mengikuti kontur lekukan tangki.

Ulangi sampe 2-3 lapis (tergantung ketebalan matras yg ente pakai). Ane pakai 3 lapis, karena tisu basah bener2 tipis (tapi ulet, susah robek).

Keringkan dengan cara dijemur atau diangin2kan. Biasanya biar bener2 kering memerlukan waktu antara 1-2 hari

Hasil Pelapisan Tangki

MELAPISI BAGAIAN DALAM TANGKI

Untuk melapisi dalamnya tangki dengan resin :
Daleman tangki umumnya membutuhkan resin segelas (+/- 200mL). Pakai 1/2 gelas dulu untuk sisi kanan, dan 1/2 untuk sisi kiri.

1. Campur 1/2 gelas resin dengan katalis (ane pakai 4 tetes), aduk, lalu tuangkan ke dalam tangki bagian kanan.

2. Putar-putar  tangki untuk meratakan resin ke semua lokasi di dalam tangki. Mutarnya jangan cepet2, soalnya resin kental gak seperti air. putar kanan kiri, atas bawah sampai dirasa cukup melapisi seluruh wilayah di dalam tangki.

3. Lanjut ke 1/2 sisanya untuk sisi kiri. Caranya sama spt diatas.

4. Kalo udah Selesai, jemur dan angin2kan resin selama 2-4 hari. Kalo udah keraba bener2 keras, resin udah kering.

Jika ada sisa resin, bisa ente balurkan ke bagian bawah tangki buat melapisi platnya. Jaga2 aja biar aman dari karat :D

 

 

Artikel Lain :

About these ads

Komentar»

1. potretbikers - 18 September 2013
awansan - 18 September 2013

makasihhh :D

2. cicakdindingkreatip - 18 September 2013
awansan - 18 September 2013

makasih mas :D

cicakdindingkreatip - 18 September 2013

SAMA SAMA BRO :D

3. smartfaiz - 18 September 2013

Muantabbb surantabbbb…. bingung cari bahan dan waktu pengerjaan…. :-)

awansan - 18 September 2013

waktunya yang lama emang om,

kalo mau pke clear coat blinken, sebenernya lebih cepet dan simpel, tapi emang lebih mahal

4. athleteriders - 18 September 2013

mantab tipsnya masbro

awansan - 18 September 2013

makasih om :D

5. Mas Sayur - 18 September 2013
awansan - 18 September 2013

semoga berguna mas

6. ipanase - 18 September 2013

jare enak nganggo duco?

awansan - 18 September 2013

pertanyaanmu ki maksude opo to ? sek jelas

paling enak yo pake clear coat blinken, simpel tapi sedikit lebih mahal

7. op-846 - 15 Oktober 2013

@yg punya warung
sukses ora mas broo..?
ane pernah nyoba soalnya tapi ora sukses,padahal pake met nya yg tisu,
apa pengaruh pake chobal jadi kecepetan keringnya..?
tapi kalo ngelihat fict warna resinnya yg udah di campur chobal*

*yg punya warung spesialis FRP kah….?

8. Setelah 10 tahun akhirnya tiger ganti tangki baru. Dilapisi fiber dulu biar ga gampang keropos | Smartfaiz - 12 Juli 2014

[…] SF mengikuti saran beberapa blog untuk melapisi dinding dalam dengan lapisan fiber (cek disini, disini, dan disini). SF beli 2 botol fiber merk nuri untuk di gelontorkan kedalam tangki tiger baru. […]


Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

remcakram.com

otomotif | gadget | IT | piknik | review apapun

DemangCorners

vertical journey

about motorcycle, family, touring, culinary, and others

taufikh.com

personal story about life and autos

Lovemotobike.com

Please enjoy my writing and...have a nice ride...

Deachu's Life Report

A life of a college student who sometimes really wanna head back home to Indonesia. Reported live from Japan. English version on http://dearch.tumblr.com/

Aluvimoto

An automotive, gizmo, and photography blog

Rusman Personal Blog

Apa saja, yang penting nulis gan....

Pedal 2 the Metal Autoblog

Culture. Story. Society. Automotive. All Around The World

roda dua blog

Berbagi Info Tentang Otomotif|Motor|Militer|Seluler|Soccer|Kuliner|Historia|PO AE

RPMSUPER.COM

Menyajikan Yang Terbaik Untuk Anda

INDOBIKERMAGS.COM

Skutik - Bebek - Sport - Supersport - Superbike - Roadster - Cruiser - Cross - Heavy Enduro - Classic - WSBK - MotoGP

jatimotoblog

Agregator blog jawa timur

7Leopold7

Catatan ttg bron pit dan perjalanan saya bersama mereka

Suka Motor

Suka motor dan segala hal berhubungan dengan otomotif

Rezaholic!!

Live Your Life!

Nanared's Blog

BRADERHUD TAK TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU.

Iwanbanaran.com | All About Motorcycles

Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Bonsai Biker

everything about bonsai and otomotif

Kobayogas.com - Share Drive|Ride|Pride

Indomoto.com

Tentang sepeda motor, lalu lintas, musik, internet, $%^#**&

Cah gunung lawu

mencoba berbagi semoga bermanfaat

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 128 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: